ScuSaTE iL RiTarDo

Maaf atas semua keterlambatannya

Dampak yang gak disadari waktu malam tahun baru

pada Januari 6, 2014

Seperti biasa. Malam tahun baru selalu diisi dengan acara2 yang meriah. Dari acara tv. Acara pemerintah. Dan acara dari masyarakatnya sendiri yg sudah pasti punya rencana2 sendiri.

Biasanya sih bakar2an. Bakar jagung. Ayam. Bakar Rumah. Bakar Mantan. Dan bakar2 yg lainnya 😀
Jujur gw udah beberapa tahun terakhir ga pernah liat atau ikut ngerayain malam pergantian tahun. Berhubung tanggal 31 kemarin gw ada acara keluarga jadi ya mumpung ngumpul sama keluarga. Ya ikut aja rame2an.
Biasanya juga gw bangun pas jam 12 malem. Gara2 denger suara bom dalam mimpi gw. Dan bom itu di atap rumah gw. Sontak gw langsung bangun. Dg mata merah gw ga bisa tidur lagi.
Dan untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun terakhir gw liat lagi indahnya kembang api tuh kayak gimana. Menyedihkan banget hidup gw. Dan pestapun dimulai.
Dari jam setengah 12 udah ada yg nyalain kembang api. Ini apa maksudnya. Apa dia ga punya jam atau dia orang timur? Yg nyasar ke bandung.
“Bro. Ini kan blum jam 12”
“Sorry bro jam gw jam dari timur”.
:/

Jam 12 kurang seperempat udah mulai banyak yg nyalain kembang apinya. Mungkin mereka orang timur juga.
Kembang apinya saling berbalas. Indah banget diliatnya. Dan dari situ gw tahu kembang api itu meletusnya 5 kali dalam satu kembang api. Dan dari situ juga gw tahu orang yg pertama kali nyalain kembang api. Soalnya begitu letusan pertama meluncur. Udah langsung diturunin. Dan letusan kedua kena temannya. Letusan ketiga mulai panik. Letusan keempat kena kekerumunan orang bnyak. Dan yang terakhir kena atap rumah.
Dan hal yg paling luar biasa dari malam tahun baru adalah macet dimana2 dan suara bising ditengah malam.
Selain dampak yg udah ketahuan dan terlihat seperti macet dan bising mungkin yg ini jarang diperhatikan dan diperhitungkan.
Pernah ga kalian mikir berapa polusi udara yg ditimbulkan dari ledakan kembang api. Tiap kembang api ada 5 yg meluncur ke langit. Dan hitung juga berapa orang yg nyalain kembang api di malam tahun baru. Dan itu dinyalain dari jam setengah 12 malem sampe jam setengah 1 malem. Ada interval 1 jam untuk memproduksi asap. Berapa banyak asap yg dibuat dimalam itu. Belum lagi yg bakar2an tadi. Dan itu bukan cuma di bandung dan indonesia. Tapi diseluruh dunia. Dari ujung utara sampai ujung selatan. Dan di tiap waktu dari jam setengah 12 sampe setengah 1 disemua tempat.
Dan yang lebih bodoh lagi orang2 mlah berlomba membuat kembang api terbesar dan terlama didunia. Tahun kmrin dimenangin dubai. Dan gw yakin negara2 maju kayak amerika dan sekutunya gamau kalah tahun ini.
Berlomba2 membuat polusi udara terbesar didunia.

Lebih bijaklah dalam bersikap. 🙂
Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

